Minggu, 27 Juni 2010

OBROLAN ISIPII: Librarianship....(PDII-LIPI, Jum'at 25 Juni 2010)

Pada kesempatan ngumpul Jum'at 25 Juni 2010 di kantor Pak Dar (Blasius Sudarsono)kami membahas sedikit mengenai apa yang harus kita lakukan untuk menghidupkan ISIPII ini sebagai organisasi ke-ilmuan yang mengembangan ilmu dibidang perpustakaan dan informasi, menganggapi isu-su di bidang perpustakaan dan informasi secara ilmiah dan di dukung oleh fakta dan hasil penelitian juga berkarya untuk memajukan ilmu perpustakaan dan informasi itu sendiri.

Nah loh...rada berat kan ya???? Tapi harus ada yang mao mengerjakannya kalau kita (sarjana ilmu perpustakaan dan orang-orang yang bergelut dibidang ini) tidak ingin ketinggalan perkembangan ilmu-nya dari teman-teman di negara lain.

Nah dengan ISIPII ini semoga akan ada banyak sarjana-sarjana ilmu perpustakaan dan informasi atau pustakawan-pustakawan yang perduli dan dengan rela ingin bergabung untuk sama-sama menggerakkan roda ISIPII.

Jadi dari ngobrol-ngobrol itu pak Dar menyimpulkan kalay Librariahsip itu harus punya:
1. Calling alias panggilan jiwa...(walopun awalnya terpaksa, semoga saat sudah menyelami dan mendapatkan income dari ilmu perpustakaan akan timbul "calling" ini heheheh ngarep.com)
2. Spirit of Life...wah kl ini agak perlu penjiwaan yang lebih dalam lagi, tp kl kita sebagai pekerja-pekerja di bidang perpustakaan ada semangat untuk mengembangkan ilmu-nya, hmmm pasti pengembangan ilmu perpustakaan itu bisa terwujud.
3. Services...kl ini memang bagian dari tugas kita sebagai penyedia jasa dibidang informasi lewat dokumentasi-dokumentasi yang ada dlm koleksi kita. Dihampir setiap tempat yang punya dokumentasi/informasi untuk disebarkan memerlukan pustakawan yg handal untuk menjalankan jasa ini.
4. Profesional...wah ini bisa satu tulisan lagi membahasnya...tp saya percaya temen-temen smua sebagian besar tau bagaimana menjadi pustakawan profesional. Tapi kalo ada yang ingin lebih tau...bisa datang dan ngobrol bareng kita di PDII-LIPI, tiap rabu after office hour (sekitar jam 18.30 s/d jam 20.00 WIB)....

Salam,
Ade-ISIPII

4 komentar:

T.O.C mengatakan...

Terimakasih Ade dan Mas Dar yang telah mengawali kegitan ini. Sekarang memasuki Juli dan nampaknya belum ada gagasan/realisasi kegiatan sebagaimana pertemuan terakhir di Pasar Festival.
Saat ini saya masih dalam tahap pemulihan setelah terkena stroke ringan, jadi belum dapat banyak bergerak karena berjalanpun masih lambat. Saya percaya bahwa teman2 bersepakat dan bersedia meningkatkan isipii. Kalaupun pertemuan yang direncanakan diselenggarakan secara rutin (De, kalau setiap minggu mungkin akan cepat bosan) dan tidak semua dapat hadir bukan masalah. Yang penting komunikasi dan integritas kita tetap terpelihara.
Saya akan terus mengikuti melalui milis ini karena sementara waktu saya tidak/belum dapat bepergian. Doakan agar saya cepat pulih dan selamat bekerja demi isipii.
salam,

yati Kamil

Bandung Virtual Assistant mengatakan...

Betul...betul...betul...
Dan...semoga profesi pustakawan cepat mendapatkan status yang jelas :-)

Subhan mengatakan...

butir 1 & 2 termasuk dalam kompetensi personal, sedangkan 3 & 4 termasuk kompetensi profesional. Kedua kompetensi itu sama pentingnya sehingga semuanya perlu jadi perhatian bagi ISIPII. Salah satu cara ISIPII untuk meningkatkan kompetensi tersebut ialah dengan menjadi mediator antara akademisi ilmu perpustakaan dan informasi di kampus dengan para praktisi.

ISIPII menjadi jembatan untuk meningkatkan kompetensi praktisi dengan cara menjadikan ISIPII sebagai wahana pengembangan kapasitas intelektual praktisi, melalui publikasi dan kegiatan diskusi.

Sebaliknya, ISIPII menjadi saluran untuk menyampaikan kebutuhan dan dinamika dunia profesional kepada akademisi untuk dijadikan materi pengajaran kepada mahasiswa supaya lebih siap menghadapi dunia kerja.

Ade mengatakan...

Mbak Yati dan Mas Subhan:

Thanks for your great support and ideas. ISIPII akan melanjutkan ini dengan mengadakan terus diskusi (baca NGOBROL bareng ISIPII) tiap hari Rabu di PDII-LIPI yang akan jadi meeting-pointnya ISIPII.

Kami juga berharap kedepannya akan semakain banyak temen-temen ISIPII baik praktisi, akademisi, calon pustakawan dan purnawirawan pustakawan yg ikut gabung dan memberi sumbasih untuk kemajukan ilmu perpustkaan di Indonesia *cita-cita.com.

Cheers,
Ade