Kamis, 05 Februari 2009

Seminar Sehari Kepustakawanan Indonesia, 12 Februari 2009

Term of Reference (TOR)
Seminar Sehari Kepustakawanan Indonesia 12 Februari 2009

"Siapa Kepala Perpustakaan Nasional Mendatang? : Diskusi tentang Regenerasi Kepemimpinan dalam Kepustakawanan Indonesia"

I . Pengantar

Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu sarana pembelajaran dan pendidikan bagi setiap individu. Pengesahan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan sejatinya merupakan salah satu legitimasi atas pentingnya perpustakaan. Undang-undang Perpustakaan ini pada bagian pertimbangan juga menyebutkan peran perpustakaan sebagai sarana pembelajaran seumur hidup bagi seluruh masyarakat Indonesia. Fungsi perpustakaan tersebut dapat terlaksana secara maksimal dengan adanya lembaga yang mengelola dan mengembangkan perpustakaan. Lembaga yang memiliki komitmen untuk memajukan Perpustakaan dan kepustakawanan Indonesia. Keberadaan Perpustakaan Nasional diharapkan mampu memainkan peran penting tersebut. Sejarah Perpustakaan Nasional yang ditandai dengan peningkatan statusnya melalui Keputusan Presiden No. 11 Tahun 1989 merupakan salah satu momen yang dapat dicatat bagi perkembangan dunia perpustakaan. Dengan Keppres No. 11/1989 Perpustakaan Nasional mendapat mandat untuk membantu Presiden Republik Indonesia untuk mengembangkan kepustakawanan Indonesia. Mandat ini merupakan mandat tertinggi bagi sebuah lembaga perpustakaan di Indonesia. Maka peran perpustakaan Nasional untuk mengembangkan kepustakawanan Indonesia merupakan prasyarat.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan nasional, antara lain sebagai role model maka kepemimpinan di perpustakaan nasional akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan perpustakaan di Indonesia. Diharapkan seorang kepala perpustakaan nasional memiliki kriteria yang seyogyanya dimiliki oleh pimpinan-pimpinan Lembaga-lembaga Pemerintah Non Departemen di Indonesia. Pemimpin yang memiliki visi pengembangan, kepustakawanan, mengetahui kebutuhan dari para pemegang kepentingannya (stakeholders) dan terlebih lagi masyarakat umum di Indonesia.

Pasal 30 Undang-Undang Perpustakaan menyebutkan: "Perpustakaan Nasional, Perpustakaan umum Pemerintah, Perpustakaan umum kabupaten/walikota, dan Perpustakaan perguruan tinggi dipimpin oleh pustakawan atau oleh tenaga ahli dalam bidang Perpustakaan"

Pasal tersebut menegaskan salah satu syarat menjadi kepala perpustakaan nasional, yang tentunya menjadi syarat bagi lembaga perpustakaan diberbagai perpustakaan. Dasar pemikiran diatas dan akan berakhirnya masa tugas Kepala Perpustakaan Nasional, menjadi landasan bagi para pemerhati dunia perpustakaan meyakini perlunya diskusi yang bertemakan kepemimpinan pada perpustakaan nasional.

II. Tujuan:
1. Mengidentifikasi kondisi kepemimpinan dalam kepustakawanan Indonesia
2. Mengidentifikasi kriteria kepemimpinan dalam kepustakawanan Indonesia

III. Peserta:
• Pustakawan, pekerja informasi, dokumentalis dan para pemegang kepentingan epustakawanan Indonesia.
• Jumlah peserta + 100 orang

IV. Waktu dan Tempat
Hari/tanggal : Kamis, 12 Februari 2009
Waktu : Pukul 09.00 – 11.30 WIB
Tempat : Ruang Teater, Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28 A

V. Acara Bentuk Acara : Seminar Jadwal Acara ( Terlampir)

VI. Pelaksana Kegiatan
Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Informasi Indonesia (ISIPII) dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), dan Asosiasi pemerhati dunia perpustakaan (APISI, FIM, APII, dll)

==================================================================

Undangan Kepada Yth.
Rekan-rekan Pustakawan dan Pekerja Informasi Di Tempat


Dunia kepustakawanan Indonesia akan mengalami sebuah momentum khusus dibidang kepemimpinan, yaitu pergantian Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Momentum ini menarik untuk mendapat perhatian dari semua pemerhati dunia kepustakawanan. Untuk itu Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia dan Koalisi Asosiasi Pekerja Informasi mengundang rekan-rekan pustakawan dan pekerja informasi, praktisi ilmu informasi dan individu yang berurusan langsung dengan kerja-kerja pengelolaan informasi, dokumentasi dan pengetahuan, dan para pemerhati dunia perpustakaan Indonesia, untuk menghadiri "Seminar Sehari Kepustakawanan Indonesia dengan tajuk “Siapa Kepala Perpustakaan Nasional Mendatang? Diskusi tentang Regenerasi Kepemimpinan dalam Kepustakawanan Indonesia” . Seminar ini akan diselenggarakan pada:


Hari / tanggal : Kamis, 12 Februari 2009

Tempat : Ruang Teater Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat

Waktu : 08.00 - 11.30

Narasumber :
1. Mula Harahap (IKAPI)
2. Daddy P. Rachmananta (Kepala Perpustakaan Nasional)
3. Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
4. A. Ridwan Siregar (Kepala Perpustakaan USU)

Moderator : Agus Rusmana

Konfirmasi kehadiran kami tunggu paling lambat hari Selasa, 10 Februari 2009 dan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia dengan Sdri. Margaretha di nomor telepon 085286669818

Demikianlah atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu/Saudara disampaikan terima kasih.

Ikatan Sarjana Ilmu Informasi dan Perpustakaan Indonesia (ISIPII)

ttd
Harkrisyati Kamil
Presiden


Catatan: Setelah acara diskusi, kami mengundang Penyelenggara Program Studi untuk melanjutkan pertemuan informal

Tidak ada komentar: