Kamis, 05 Agustus 2010

OBROLAN ISIPII: GABUNGAN 30 JUNI dan 4 AGUSTUS 2010

Hii semua...

Mau tau update terbaru ISIPII? Tulisan ini gabungan antara Ngobrol bareng ISIPII tgl 30 Juni 2010 dan 4 Agustus 2010. Mungkin temen-temen ada yg skeptis "emangnya nyambung yak?" tapi tenang aja...secara kita ngobrolnya tetap fokus bagaimana caranya menghidupkan organisasi kita ini, menjadikan organisasi ini organisasi ilmiah (bisa dipertanggung jawabkan segala kegiatannya, tulisannya, pemikirannya, penelitiannya dan menghasilkan produk ilmiah juga. But waiiit...jangan jiper alias takut kl denger kata ilmiah (hehehe awalnya saya juga takut)tp...ilmiah disini adalah...kita punya dasar yg kuat, ada referensi dan bisa dipertanggung jawabkan teori yg kita pakai alias di dunia nyata/fakta/kerjaan memang berlaku teori yg kita pakai dalam meningkatkan kompetensi kita sebagai putakawan. Kalo boleh pinjem istilah si jadi "HIGH QUALITY LIBRARIAN" hehehe bukan jomblo doank yang bisa high quality.


Nah supaya bisa jadi "HIGH QUALITY LIBRARIAN" kita harus buat standar kompetensi dulu...nah saya denger-denger kalo Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sedang membuat draft untuk kompetensi ini. Saya coba mencari tulisan mengenai kompetensi pustakawan, dan saya mendapatkan beberapa:
1. Core Competencies ALA (American Library Association, January 2009
2. Widijanto,Tjahjono. Sentralitas Kompetensi, Aplikasi Teknologi Informasi, dan Strategis Holistik : Upaya Perpustakaan - Pustakawan Meningkatkan Profesionalisme dan Kualitas Layanan di Era Globalisasi. Visi Pustaka, Vol.10 No.3 - Desember 2008.
3. Widiastuti, Ida. Menuju Universitas Berkelas Dunia: Sebuah Peluang dan Tantangan Bagi Kompetensi Pustakawan Indonesia. Kompasiana, 9 Februari 2010.

Masih banyak lagi tulisan-tulisan mengenai kompetensi. Nah sekarang bagaimana ISIPII bisa menjembatani apa yang di harapkan dalam tulisan-tulisan tersebut terdapat dalam setiap atau paling tidak sebagian besar pustakawan yang ada sekarang.

Nah, kemarin selain kami mendapatkan dorongan semangat tercetuslah renca membuat TALKSHOW mengenai KOMPETENSI PUSTAKAWAN INDONESIA...bagaimana cara mencapainya...

Nah bagaimana? tertarik? tidak tertarik? ada saran? ide? ingin membantu? ingin gabung? yuuukkk....open for discussion...dipersilahkan untuk menanggapi...

Atau bisa langsung hubungi kami di

Sekretariat ISIPII
PDII LIPI
Jl. Gatot Subroto No. 10 Jakarta
Telp. 021-5733465#209
Fax. 021-5733467 --> UP: ISIPII atau Bapak Blasius Sudarsono
Email: info.isipii@gmail.com
FB: Isipii Pustakawan Indonesia
Flickr: under construction
Twitter: mencari relawan yg bisa update terus
Website: under construction (juga)


Monggo....

Cheers,
Ade

PS: Oh iya..disini sekalian ingin berterimakasih atas support yang selalu diberikan oleh PDII LIPI (pak Blasius, ibu Sri Hartinah dan mas Hendro Subagyo), temen-temen yang sudah datang dan ikut membuat panas dan seru jalannya diskusi dari S2 JIP UI (mba Ana, mba Loly dan mas Isra), ibu Hani Qonitah-Exxon dan mba Lira-KPK.

Doa kami selalu untuk mba Yati Kamil...semoga segera sehat dan fit kembali...we miss u :-)

3 komentar:

家唐銘 mengatakan...

No one knows the weight of anothers burden. ............................................................

凱v胡倫 mengatakan...

Poverty is stranger to industry.........................................

arifp mengatakan...

Tetap semangat mbak Ade, kita bantu dengan doa he he he. Buat bu Yati, semoga lekas sembuh dan baik sehingga dapat kembali 'menyelamatkan' kepustakawanan Indonesia.